5 Teknik Rahasia Optimasi Blog Baru Untuk Blogger Pemula

Cara optimasi blog baru – Halo sobat blogger semua, alhamdulillah aku bisa buat artikel baru lagi setelah beberapa bulan yang lalu aku sakit dan harus rawat inap selama 19 hari di RSUP Kariadi Semarang. Oke lanjut ke pembahasan utama, pada kesempatan kali ini aku mau sharing tips SEO yaitu 5 teknik rahasia optimasi blog baru untuk blogger pemula.

5 Teknik Rahasia Optimasi Blog Baru Untuk Blogger Pemula
SEO (Search Engine Optimization)

Rahasia optimasi blog baru ini aku buat berdasarkan hasil membaca beberapa e-book yang aku beli dan juga hasil diskusi di beberapa forum. Singkat cerita 2 hari yang lalu aku iseng search di youtube dan juga di google tentang Eka Lesmana. Kalian yang seorang publisher pasti taulah siapa dia. Setelah searching akhirnya aku menemukan cara optimasi blog baru dengan mudah di forum Ads.id.

Maka dari itu aku jadikan sebuah artikel ini, tapi artikel yang aku buat ini murni tulisan aku sendiri bukan hasil copas atau copy paste. Aku mendapat ide dari hasil membaca e-book dan searching sana-sini dan aku jadikan satu dalam artikel optimasi blog baru dengan mudah.

Mengapa aku berani membuat artikel tentang tips SEO ini? Sedangkan aku bukan pakar SEO. Aku berani karena aku sudah mencoba dan hasilnya sungguh tidak terduga, blog aku berada di page one google (halaman pertama google) dengan kata kunci “tahap ngedate” dibawah ini buktinya:

Pencarian dengan kata kunci "tahap ngedate" berada di halaman pertama google
Dengan kata kunci “tahap ngedate” blog aku berada di halaman pertama pencarian google

Di hasil pencarian saya blog aku http://sedangbosan.com berada di halaman pertama dan urutan pertama pencarian google.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization) pada sebuah blog sangat penting, dikarenakan dengan menggunakan beberapa teknik seo blog kita bisa bersaing di halaman pertama pencarian google. Blog baru itu harus di optimasi semaksimal mungkin supaya kedepanya kita nggak ribet mikir optimasi dan kita hanya update artikel rutin saja. Nah untuk itu kalian harus tau cara optimasi blog baru untuk pemula. Simak caranya dibawah ini:

Rahasia Optimasi Blog Baru Untuk Pemula

 

1. Riset Keyword
Riset keyword merupakan langkah untuk mencari kata kunci yang akan kita gunakan. Langkah ini sering digunakan untuk mencari sebuah ide nama domain dan juga sering digunakan untuk mencari dan menentukan judul artikel atau postingan. Riset keyword sangatlah penting untuk menentukan sebuah judul postingan, karena dengan melakukan cara ini blog kita bisa mendapat temapt di halaman pertama pencarian google.

Dalam melakukan riset keyword kita harus memperhatikan rata-rata pencarian perbulan (Avg. monthly searches) yang dibawah 2.000 mentekonya sih 2.000 gak papa. Kenapa kok pake yang 2.000? Menurut aku sih pencarian rata-rata 2.000 perbulan tidak terlalu sulit untuk mendapatkan jatah posisi di serach engine.

Untuk melakukan riset keyword kalian bisa menggunakan tools gratis dari google yaitu Google AdWords: Keyword Planer atau bisa juga menggunakan Ubersuggest. Terserah kalian mau pake tools yang mana yang pasti keduanya gratis.

2. Optimasi SEO On Page
Optimasi SEO On Page merupakan cara optimasi yang dilakukan dalam lingkup blog, bisa dengan cara meletakan internal link dalam postingan, peletakan keyword, penggunaan atribut bold dan italic dan masih banyak lagi. Inti dari seo on page ini adalah cara optimasi yang dilakukan dalam sebuah blog itu sendiri. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

a. Template SEO Friendly dan Responsive
Seiring bergantinya tahun, google selalu memberi perubahan pada alogaritmanya. Alogaritma yang terbaru milik google adalah “Mobile Geddon”. Yang artinya google akan memprioritaskan blog yang memiliki template SEO Friendly akan mudah bersaing untuk bisa menempati urutan pertama hasil pencarian google. Maka gunakanlah template yang seo friendly, kalian bisa mencarinya di google. Ada banyak!

b. Pentingnya link internal (internal link)
Menggunakan internal link untuk kebutuhan seo on page aku biasanya menambahkan 2-3 internal link. Link pertama mengarah pada postingan itu sendiri, link kedua bisa diarahkan ke artikel yang relevan dengan postingan tersebut, dan link yang terakhir biasanya aku arahkan ke Homepage. Tidak urut seperti saya gak papa asalkan minimal ada 2 internal link.

Dalam menggunakan cara ini tidak boleh terlalu banyak menambahkan internal link dan usahakan menggunakan anchor text yang sesuai, supaya terlihat natural di mata google.

c. Peletakan keyword
Peletakan keyword ini juga sangat penting, karena dengan menggunakan keywoord untuk membuat sebuah postingan dan peletakan yang sesuai maka blog kita lebih muda untuk bisa ditemukan pada serach engine. Banyak cara untuk meletakkan keyword yang sesuai salah satunya ialah letakkan keyword pada 100 kata pertama dalam paragraf.

Bisa juga dengan cara menyebar keyword yang kalian tembak. Kalau kalian nembak 5 keyword dan jumlah kata pada postingan ada 200 kata maka harus disebar sperti dibawah ini:

  • Paragraf pertama: Letakkan keyword pada kalimat pertama.
  • Paragraf kedua: Letakkan keyword di awal dan akhir kalimat.
  • Pargraf ketiga: Letakkan keyword di tengah paragraf.
  • Paragraf keempat: Letakkan keyword pada akhir kalimat.

Jadi setiap 50 kata dikasih keyword sesui dengan cara penyebaran diatas.

d. Penggunaan bold dan italic
Penggunaan atribut bold dan italic masih aku gunakan, supaya postingan kita tidak terlalu monoton. Menggunakan atribut bold dan italic katanya sudah tidak terlalu berpengaruh dalam kemajuan seo sebuah blog, tapi bagi aku tidak ada salahnya tetap menggunakan atribut ini supaya pembaca tidak terlalu bosen ketika membaca he he.

e. Gunakan H2 (Subheading)
Penggunaan h2 (subheading) dalam postingan cukup penting. Biasanya dalam sebuah template h1 sudah digunakan dalam title/judul blog dan judul postingan. Nah untuk itu kita perlu menggunakan h2 bukan h1 sebagai cara untuk mempertegas apa yang sedang kita bahas dan kalian bisa juga meletakkan keyword pada h2 ini.

3. Optimasi SEO Off page
Optimasi SEO Off Page ini merupakan kebalikan dari optimasi SEO On Page. Jadi pengertian seo off page ini adalah cara optimasi blog yang dilakukan diluar lingkup blog. Bagaimana cara melakukan optimasi seo off page? Kaian bisa melakukanya dengan cara mencari backlink brkualitas. Perlu diperhatikan dalam mencari backlink, karena backlink banyak tapi tidak berkualitas bisa dianggap spam oleh google.

Jadi mending backlink sedikit tapi kualitasnya sangat bagus itu malah lebih disukai google. Lebih penting kualitas ketimbang kuantitas.

4. Backlink
Menanam backlink merupakan cara optimasi seo off page. Backlink dalam kebetuhan seo ibarat sebagai pondasi blog. Bisa diibaratkan seperti ini: Jika rumah (Blog) mempunyai pondasi (Backlink) yang kuat maka rumah tersebut akan berdiri kokoh. Tapi dalam mencari backlink tidak boleh sembarangan, harus benar benar backlink yang berkualitas yang kita cari. Karena backlink abal abal tidak disukai oleh google.

Untuk teknik menanam backlink aku menggunakan cara yang sering dilakukan oleh mas Eka Lesmana. Untuk rincian tekniknya sebagai berikut ini:

  • Umur blog 1-2 minggu: Cari backlink dari sosial bookmark, google +, youtube, facebook, twitter, tumblr, dll.
  • Umur blog 2-1 bulan: Cari backlink dari blog dummy seperti wordpress, blogspot, blogdetik, dll.
  • Umur blog 1 bulan keatas: Cari backlink dengan cara tracking backlink, cara ini dilakukan dengan melihat backlink ber-pagerank (google pagerank sudah mati) dari blog lawan kita sehingga kita bisa mendapat backlink yang berkualitas.

5. Update Artikel Rutin
Yaa… update artikel rutin. Banyak blogger yang kurang semangat atau malas dalam membuat postingan baru, padahal dengan update artikel rutin akan menambah kemajuan blog kita terutama masalah visitor. Simpel saja, jika sebuah blog mempunyai banyak postingan yang unik menarik pasti visitor/pengunjung akan betah berlama-lama membaca postingan pada blog kita.

Untuk bisa mendapatkan visitor yang banyak aku punya tips dan trik untuk membuat postingan. Tapi pada langakah ini kuncinya hanyalah satu yaitu jangan males-malesan. Oke langsung saja ikuti cara agar blog mendapat banyak visitor dibawah ini:

  • Umur blog 0-1 bulan: Update artikel rutin 3-5 kali sehari. Kenapa harus sebanyak ini? Karena misalkan saja perhari kita update 5 postingan x 30 hari, blog kita sudah ada 150 postingan dalam waktu 1 bulan.
  • Umur blog 1-2 bulan: Karena postingan sudah lumayan maka update artikel rutin 3 kali dalam sehari.
  • Umur blog 2 bulan keatas: Update artikel hanya 1 dalam sehari juga gak papa yang penting konsisten. Konsisten dalam membuat artikel itu memang sulit karena kita belum terbiasa. Jika sudah terbiasa rasanya akan sangat mudah dan menyenangkan.

Bagaimana sobat apakah optimasi blog baru itu sulit? Tidak! Sebenerya optimasi blog baru itu mudah asalkan kita bersungguh-sungguh dan mau berusaha dan kuncinya itu telaten alias tekun.

Oke sekian dulu, jika sobat suka dengan artikel ini jangan lupa share ke teman-teman sobat sekalian supaya mereka juga bisa tau teknik optimasi blog baru dengan mudah untuk blogger pemula. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply